Selasa, Juli 07, 2015

Lagu-lagu Yang Memotret Peritiwa dan Perasaan



(Edisi 1 #Mengeksplore Kegalauan)
Percaya atau tidak ternyata setiap orang punya lagu kenangan masing-masing. Lagu itu bagaikan kamera yang memotret perasaan penikmatnya tentang momen-momen penting hidupnya. Saking berkesannya biasanya seseorang sering memutar kembali lagu-lagu itu kembali untuk mengenang masa lalunya. Tentang cinta, perjuangan, angan-angan dan harapan.

       Beberapa lagu-lagu di bawah ini adalah lagu yang berkesan bagi saya. Dan apabila saya memutarnya kembali tiba-tiba saya merasakan kenangan masa lalu itu hadir. Tidak semua akan saya tampilkan di sini berhubung saking banyaknya. Tapi di bawah ini adalah lagu yang paling berkesan.
1.      Hidup adalah perjuangan (Dewa)
Lagu ini mengingatkan saya ketika diajak berkeliling sama seseorang teman. Kebetulan teman saya itu adalah seorang karyawan toko. Usianya dengan saya mungkin terpaut 7 tahun. Waktu itu saya masih SD kalau tidak salah. Agar tidak sendirian, dia mengajak saya menemaninya berkeliling dengan mobil majikannya membeli barang-barang. Nah saat diperjalanan itulah dia memutar lagu-lagu dewa yang kebetulan sedang hit dengan sound yang lumayan keras. Saat itu saya benar-benar menimati lagu ciptaan Ahmad Dhani tersebut. Hidup adalah perjuangan yang tak henti-henti...
2.      Cerita Tentang Kita (Paterpan)
Nah lagu ciptaan Ariel ini mengingatkan saya saat mulai tertarik main Gitar. Sering banget waktu SMP saya sama temen-temen puter lagu ini. Lagu ini bisa mewakili perasaan kami yang galau waktu itu. Lagu ini booming di awal tahun 2000-an. Waktu itu juga saya lagi suka sama seorang cewek. Dia orangnya sangat pendiam dan pemalu tapi dia orangnya pinter. Saya yakin dia juga ada rasa sama saya cuma kami saling malu-malu aja (GR Bingiiit).  Soalnya dulu dia sama dua orang temennya pernah terlontar mau main ke rumah saya. Dan klo ketemu pas ketemu saya dia agak salah tingkah gitu. Sayangnya kami sama-sama lulus. Saya diterima di SMAN 1 Parung dan dia saya gak tahu sekarang dimana...
3.      Menanti Jawaban (Padi)
Menanti Jawaban. Yap! Lagu ini klo diputer mengingatkan saya pas jadi siswa baru di SMAN 1 Parung. Sekolah keren se-kecamatan yang orang di kampung saya bangga banget denger klo ada anak yang bisa masuk di situ. Waktu itu saya masih jadi siswa baru dan kakak-kakak senior menyambut kami dengan berbagai macam tampilan kesenian. Nah, pada waktu itu dinyanyikanlah lagu ini secara akustik. Entah menanti jawaban siapa tapi seakan-akan saya juga jadi merasa sedang menanti jawaban. Ah mungkin jawaban Emak saya...hehe
4.      Kenangan Terindah (Samsons)
Klo denger lagu Samsons itu saya jadi teringat pas jadi tim paduan suara SMA. Bangga banget bisa terpilih di tim paduan suara wisuda SMA itu. Senengnya kita dapet space khusus di depan buat nyayi buat para wisudawan. Nah lagu Kenangan Terindah yang lagi hit itu dinyanyikan oleh salah satu teman saya. Benar-benar mengena sekali. Pas acara wisuda selesai akhirnya teman-teman semuanya pada pulang. Ada yang naik motor dan ada juga yang naik angkot. Saya dan (sebut saja Melati) satu angkot. Entah kenapa dulu saya klo deket-deketan sama Si Melati ada rasa seneng gitu. Tapi sekarang (2015)saya malah ilfeel klo liat updaten statusnya yang gak jelas juntrungannya dan ke-kota-kotaan itu.
5.      Tentang Aku, Kau dan Dia (Kangen Band)
Mungkin ini lagu yang paling banyak dicela sama temen-temen. Dibilang kampungan lah, norak dan macem-macem. Tapi kenyataannya waktu saya SMA lagu ini sering diputer. Diawali intro yang bunyinya seperti suara kenongan tukang es cendol. Dan lagu ini juga mengingatkan saya saat naik ke kelas XI IPS 2. Saat itu saya punya temen kelas yang bener-bener kece. Cowoknya metal abiss. Ceweknya juga sama metal abis. Ngingetin sama cewek-cewek gokil seperti Vitha dan Widias yang ganjen banget di kelas. Klo pake seragam mepet atas mepet bawah. Bikin deg-degan aja. Tapi alhamdulillah sekarang mereka udah berhijab.  
6.      Aku di sini untukmu (Ungu)
Klo denger lagu ini saya jadi teringat masa-masa jadi panitia Masa Orientasi Siswa (MOS) dan ngingetin juga sama seseorang (sebut saja mawar) yang waktu itu bener-bener udah bikin saya gak bisa tidur. Mikirin dia terus. Mikirin kira-kira dia mikirin saya juga apa enggak. Dia liat saya apa enggak di sini. Padahal pas di kelas X saya sempet suka sama yang lain (Sebut saja Melati) karena orangnya masih ada, nanti klo dia baca catetan ini kan jadi malu saya, hehe. Tapi pas saya naik ke kelas XI pandangan saya mulai beralih ke lain hatike Si Mawar. Saya mulai kenal sama si Mawar itu pas lagi duduk di kelas yang baru. Kebetulan si Mawar ini sudah lama berteman sama temen sebangku saya (sebut saja kumbang). Kebetulan si kumbang dan si mawar ini sama-sama organisatoris di kelas. Entah ada keperluan apa si mawar datang ke kelas nganter buku catetan ke si kumbang. Nah dari situlah saya mulai kenal sama si mawar.
        Saya diminta si kumbang jadi panitia MOS. Saya terima saja. Nah dari situ Saya mulai sering memperhatikan gerak-gerik si mawar. Lama-kelamaan Saya mulai tertarik dengan si mawar. Diam-diam aku muncul rasa “ingin memiliki” sama si mawar. Ada rasa nyaman saja klo deket sama si mawar.
       Ada saat yang bikin saya makin suka sama si mawar. Meski dia secara jabatan jauh di atas saya (klo gak salah dia sekretaris acara, apa wakil ya?) tapi dia bantuin saya di perkap. Pas saya lagi ngumpilin logistik peserta baru, memilah-milah, dia ikutan dan waktu itu dia masukin logistik di plastik yang saya pegang. Waktu itu saya pegang plastik sambil nongkrong. Saya buka plastik. Satu persatu dia masukin logistik ke plastik saya. Saling pandang-pandanganpun tak terhindarkan. Jantung saya merasa deg-degan. Dari situlah saya terperangkap jebakan Betmen. Pokoknya klo kerjasama sama dia ada rasa senang aja. Tapi klo saya gak liat dia, saya merasa hamba banget. Dari situ pula saya sering gagal fokus karena mikirin dia terus. Rasa cemburu juga muncul klo dia lagi asyik diskusi sama si kumbang. Saking deketnya sama si kumbang, saya benar-benar merasa jadi orang ketiga. Lagu dewa “Cemburu” juga mewakili perasaan saya pas hati saya lagi panas.
Larut (dewa)
Pas pulang sekolah biasanya saya suka merhatiin. Apa dia udah pulang apa belum. Meski gak pernah saya tanya sama temen-temennya (malu sih). Tapi saya selalu memperhatikan apa dia masuk, izin, atau alfa. Kebetulan klo dia mau masuk kelas harus melewati halaman depan kelas saya. Nah dari situ saya perhatiin dia.
       Saya juga sempet bertanya-tanya dalem hati “Kok saya kepikiran terus ya sama dia?”. Nah lagu larut ini benar-benar cocok buat soundtrack perasaan saya. Bahkan klo ada gitar sekolah yang kebetulan lagi nagnggur saya suka mainin gitar sembari nyanyiin lagu larut ini.
“Mungkin aku juga pernah merasakan rindu..
Tapi tak pernah sedalam ini..
Mungkin aku juga pernah merasakan cinta..
Tapi tak pernah seindah ini..
Mungkin kamu takkan pernah percaya..
Bahwa sesungguhnya aku tlah terjatuh...
Ku akui Aku telah larut...larut ke dalam kamu yang ku cintai...
       Pernah suatu ketika, (waktu itu saya belum punya hape saya ingin nyoba-nyoba kartu AS pemberian teman. Kan waktu itu kami punya acara sekolah dan salah satu sponsornya adalah telkomsel. Kakak ipar saya kebetulan punya hape. Saya pinjam buat SMS si Mawar. SMS-nya biasa aja gak ada sesuatu yang klo istilah sekarang dibilang modus. Saya lupa mengganti kartunya sampe sehari-semalem. Keesokan harinya saya dipagi hari saya pas lagi duduk-duduk sama teman-teman kebetulan si mawar sama teman-temannya ikut nimbrung. Si mawar tiba-tiba nanya saya. Suaranya agak keibuan gitu. “Anton kmaren SMS itu Anton yang kirim?” Sembari senyum-senyum gitu. Saya masih enggak ngerti maksud si Mawar. Saya tanya balik “Saya ngirim apa ya?” dalem hati. Saya jawab aja “Iya saya yang ngirim emang kenapa?”. “Oh enggak kenapa-kenapa”. Si mawar masih senyum-senyum lalu pergi aja sama temennya entah kemana.
         Saya penasaran kenapa ya si mawar jadi agak aneh gitu. Pas pulang sekolah saya cek hape kakak ipar saya. Ternyata oh ternyata di sent terkirim kakak saya ngirim gambar hati ke si Mawar. Pantesan aja si mawar jadi aneh gitu. Aku langsung cari kakak iparku dan bilang. “Bang ngirim apaan siih. Saya jadi malu niih klo ketemu dia besok!”. Kakak saya Cuma ketawa-ketawa aja. Ah berengsek banget ternyata dia sengaja ngerjain saya. Langsung aja saya telpon ke si mawar. Maksudnya konfirmasi klo gambar hati itu yang ngirim kakak saya. Ya meskipun memang saya suka sama si mawar tapi jangan vulgar gitu dong caranya, tapi pelan-pelan aja.
8.      Main Hati (Andra the Back Bone)
Nah bisa dikatakan lagu ini adalah puncak-puncak kegalauan saya saat masih SMA kelas XII. Ujian nasional udah teraksana. Pengumuman juga udah. Tinggal nunggu wisuda aja. Makin jarang ke sekolah. Di sekolah paing Cuma nongkrong di bawah pohon jati, di kantin, di depan kelas sama temen-temen menikmati detik-detik terakhir jadi siswa kelas XII. Si mawar juga sudah susah dipantau kadang sekolah kadang enggak, kadang ketemu kadang enggak. Berasa ada sesuatu yang hilang aja klo dia gak ada. Klo udah merasa ada yang hilang kan suka mencari-cari. Disitulah saya secara diam-diam nyari-nyari si mawar. Gak apa-apa cuma meski ketemu sebentar. Yang penting saya bisa lihat dia dan dia juga bisa lihat saya. Kalau perlu dia bisa lihat hati saya. Betapa hati saya ini lagi tidak stabil nyariin dia terus. Mikirin dia terus. Benar-benar seperti nyari serpihan yang hilang.
         Klo pas lagi diperpus mata saya pasti lirik-lirik ke seluruh ruangan berharap dia dateng ke perpus. Klo pas di depan kelas saya juga berharap dia lewat seperti biasa sama temen-temennya. Klo pas lagi di beranda mushala saya pasti nyari-nyari apa si mawar lagi sama temennya apa enggak. Tapi yang saya lakukan itu tidak dari dekat. Saya hanya memantaunya dari jauh aja. Dalam sikap diam penuh harapan.
Bersambung....

Mengenang masa-masa Indah
Di tulis di Magelang, 7 Juli 2015

Tidak ada komentar: