Sabtu, Juli 11, 2015

Pengalaman keren tentang Pengobatan Tradisional (Sayangnya gak bisa motret, hp lagi diopname)

Saya kemarin nganter saudara saya yang sakit gigi. Dan dapet rekomendasi dari tetangga klo ngobatin sakit gigi itu ke bu (Sebut saja Bunga). Saya dan saudara saya langsung meluncur ke rumah Bu Bunga. Agak lama nyari-nyari alamat akhirnya ketemu juga. Rumahnya di pojok Kampung.

Pas ketemu, langsung aja saudara saya bilang klo lagi sakit gigi, sakitnya minta ampun katanya. Setelah agak lama mendengarkan keluhan saudara saya itu Bu Bunga langsung ambil tungku yang terbuat dari tanah liat.

Disiapkanlah kayu untuk dibuat perapian. Setelah api menyala, diambillah genting-genting yang sudah di pecah menjadi segi empat, lalu di letakkan di atas api yang menyala. Genting itu di bakar sampe merah menyala.

Bu bunga kemudian mengambil rantang berisi air. Airnya hanya setengah dari rantang. Setelah itu Bu Bunga ngambil kedebong pisang/ batang pisang yang masih kecil. Kira2 diameternya 15 Cm. Lalu, kedebong pisang itu di taro diatas aer dalem rantang.

Kemudian Bu Bunga mengambil biji-bijian yang dia simpen di dalem botol mineral. Pas saya tanya itu biji apa, dia jawab itu biji terong bulet yang udah dikeringin, Manjur banget buat obat sakit gigi katanya.

Sambil nunggu genteng mateng jadi merah seperti bara. Saya wawancarain aja Bu Bunga asal muasal pengobatan itu dapet ilmunya dari mana kok canggih banget bisa bikin sembuh orang yang sakit gigi. (Bu Bunga klo di tetangga udah kasohor jadi pakar sakit gigi)

Akhirnya gentingnya udah matang. Genting yang udah matang itu langsung di taro di atas gedebong pisang yang ada di dalem rantang tadi. Lalu, biji terong bulet yang udah kering itu di taro di atas genting yang panas itu. Lalu genteng dan biji terong bulet itu di siram dikit sama minyak ngoreng. Mantap! biji terong itu langsung bunyi "kretek2 " kaya petasan trus asap nya banyak banget.

Pas asep lagi banyak-banyaknya Bu Bunga lansgung ambil alat seperti corong penjual bensin yang terbuat dari batok kelapa. Bedanya dipasang pipa yang lumayan panjang supaya nanti asapnya bisa di masukin mulut pasien yang lagi sakit gigi. Asapnya di arahkan ke gigi geraham yang lagi sakit. Si pasien diminta hisap asap tersebut. Tapi asapnya gak boleh ditelan cuma di hisap seperti orang ngerokok aja.

Setelah dihisap dikeluarin di hisap dikeluarin, ulat-ulat kecil yang berwarna putih keluar banyak banget keluar dari dalem gigi pasien. Dalem ati saya takjub banget sama ini ibu kok ulat-ulatnya bisa keluar dari dalem gigi. Trus diulangi kurang lebih ampe tiga kali. Tapi kata Bu Bunga klo ulatnya masih ada terus aja dihisap asepnya.

Sekian
Ciseeng 10 Juli 2015

Tidak ada komentar: